Senoprabowo’s Weblog

Wilujeng Sumping ka Blog AgroSeno

Informasi Penyakit

Posted by Seno Prabowo pada Januari 22, 2008

DIABETES MELITUS

Definisi Diabetes Mellitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara sempurna.
Kadar gula darah sepanjang hari bervariasi, meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa adalah 70-110 mg/dL darah. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya. Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif.

Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas, merupakan zat utama yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang tepat. Insulin menyebabkan gula berpindah ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Peningkatan kadar gula darah setelah makan atau minum merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah yang lebih lanjut dan menyebabkan kadar gula darah menurun secara perlahan. Pada saat melakukan aktivitas fisik kadar gula darah juga bisa menurun karena otot menggunakan glukosa untuk energi.

ASMA

Definisi
Asma merupakan gangguan kesehatan yang muncul akibat terjadinya penyempitan saluran nafas karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan. Penyempitan ini bersifat sementara.

Penyebab
Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon yang dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga. Pada paru-paru normal rangsangan di atas tidak akan mempengaruhi saluran pernafasan.

Gejala
Frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi. Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala dan hanya mengalami serangan serangan sesak nafas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu. Penderita lainnya hampir selalu mengalami batuk dan mengi (bengek) serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olah raga atau setelah terpapar oleh alergen maupun iritan. Menangis atau tertawa keras juga bisa menyebabkan timbulnya gejala.

Gejala awal pada anak-anak bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu- satunya gejala. Selama serangan asma, sesak nafas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga mengeluarkan banyak keringat.

KEMANDULAN

Definisi
Kemandulan adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah selama 1 tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Kemandulan primer adalah istilah yang digunakan jika pasangan suami istri sama sekali belum pernah memiliki anak. Jika sebelumnya pasangan suami istri pernah memiliki anak (minimal 1 kali kehamilan), tetapi kehamilan berikutnya belum berhasil dicapai, maka digunakan istilah kemandulan sekunder.

Penyebab
Sekitar 30-40% kasus disebabkan oleh faktor pria, seperti: Masalah pada sperma, Impotensi, Kekurangan hormon, Polusi lingkungan, sedangkan 40-50% kemandulan disebabkan oleh faktor wanita: Pembentukan jaringan parut akibat penyakit menular seksual, Disfungsi ovulasi (kelainan pada proses pelepasan sel telur oleh ovarium/sel telur), Kelainan hormon, Kekurangan gizi, Kista ovarium, Infeksi panggul, tumor, kelainan lendir servikal (lendir reher rahim), kelainan sistem pengangkutan dari leher rahim ke tuba falopii (saluran telur), Kelainan pada tuba falopii.

SINUSITIS

Definisi
Sinusitis adalah suatu peradangan pada sinus yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur. Sinusitis bisa terjadi pada salah satu dari keempat sinus yang ada (maksilaris, etmoidalis, frontalis atau sfenoidalis).

Penyebab
Sinusitis bisa bersifat akut (berlangsung selama 3 minggu atau kurang) maupun kronis (berlangsung selama 3-8 minggu tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun).

Penyebab sinusitis akut

Infeksi virus
Sinusitis akut bisa terjadi setelah suatu infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas (misalnya pilek).

Bakteri
Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit Tetapi jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup ke dalam sinus, sehingga terjadi infeksi sinus akut.

Infeksi jamur
Kadang infeksi jamur bisa menyebabkan sinusitis akut.

Penyakit tertentu
Sinusitis akut lebih sering terjadi pada penderita gangguan sistem kekebalan dan penderita kelainan sekresi lendir (misalnya fibrosis kistik).

Penyebab sinusitis kronis:
* Asma Penyakit alergi (misalnya rinitis alergika)
* Gangguan sistem kekebalan atau kelainan sekresi maupun pembuangan lendir.

Cordyceps merupakan nutrisi yang banyak bermanfaat bagi masalah yang berhubungan dengan pernafasan dan bisa berfungsi sebagai anti biotik kadar tinggi, sehingga bisa membantu masalah sinusitis.

Calsium powder dibutuhkan karena kalsium secara umum bermanfaat menyeimbangkan fungsi tubuh termasuk paru-paru.

Beneficial bisa dijadikan sebagai subtitusi cordyceps, selain itu kandungan vitamic C sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh, meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah putih dan permasalahan yang berkaitan dengan lendir.

OSTEOPOROSIS

Rapuh tulang adalah jenis penyakit reumatik no. 3 setelah nyeri pinggang dan osteoartritis. Tulang penderita menjadi rapuh dan mudah patah, disebabkan oleh banyaknya kalsium atau kapur yang hilang. (infokes.com)

Penderita rapuh tulang diatas 60th, sering mengalami patah tulang pergelangan, juga patah tulang belakang dan sendi pinggul setelah umur 65th. Tetapi ingat, osteoporosis tidak hanya orang usia lanjut saja, melainkan juga mungkin diderita anak-anak dan remaja.

Gejala-gejala:
Patah tulang belakang: rasa nyeri mulai dari ringan, sedang dan berat dan tidak dapat bangun. Patah tulang sendi pinggul selain nyeri hebat, juga tidak dapat jalan selama 6 bulan.

Penyebab:
Pada seperlima wanita setelah haid terhenti akan terjadi rapuh tulang. Selain sebab keturunan, kekurangan gizi terutama kalsium yang menyebabkan rapuh tulang.

Yang dapat anda lakukan:
Untuk mencegah rapuh tulang, dari balita sampai umur pertengahan makan dengan gizi lima sempurna. Gizi lima sempurna mengandung cukup kalsium untuk pembangunan kerangka tulang yang kuat.

Olah raga secara teratur menjamin tulang dan otot yang kuat dalam usia pertengahan. Berusaha mendapat sinar matahari 30 menit seminggu dalam pakaian berenang. Sinar matahari mengubah pro-vitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D untuk pembentukan kerangka tulang.

Menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan kehilangan kalsium dari tulang, seperti tembakau, kopi dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: