Senoprabowo’s Weblog

Wilujeng Sumping ka Blog AgroSeno

GAYA HIDUP WARGA USIA PERTENGAHAN DAN USIA LANJUT

Posted by Seno Prabowo pada Januari 22, 2008

Ketidaktahuan – Pangkal MalapetakaBerdasarkan definisi WHO, usia di bawah 65 tahun tergolong Usia Pertengahan (Middle Age), usia diantara 65 tahun sampai dengan 74 tahun tergolong Junior Old Age; usia antara 75 tahun sampai dengan 90 tahun baru tergolong Formal Old Age dan antara 90 tahun sampai 120 tahun digolongkan Longevity Old Age (Orang tua berumur panjang). Berapa tahun maksimum usia biologis manusia sebenarnya ? Berdasarkan Prinsip Biology, usia binatang menyusui adalah 5 – 7 kali masa pertumbuhan hingga dewasanya. Masa pertumbuhan manusia biasa mengambil masa tumbuhnya gigi susu yang terakhir sebagai patokannya yakni usia 20 – 25 tahun. Jadi rentang hidup manusia seyogyanya terpendek adalah 100 tahun dan terpanjang 175 tahun. Usia normal rata-rata manusia umum diakui adalah 120 tahun.

Akan tetapi apa yang terjadi sekarang ? Yang seharusnya dapat hidup rata-rata 120 tahun, kenyataannya hanya mencapai 70 tahun sudah wafat. Juga seyogyanya orang dapat hidup sehat hingga 100 tahun, namun begitu banyak orang yang sudah mulai menjadi tidak sehat pada usia 40 tahun dan pada usia 50 tahun sudah mengidap penyakit jantung coroner.

Mengapa ketika ekonomi kita telah berkembang, hidup makin makmur, tingkat kehidupan materi telah banyak meningkat, malah membuat orang jadi cepat mati ? Banyak orang mengatakan ekonomi yang semakin berkembang, hidup yang makin makmur menyebabkan semakin banyaknya penyakit : Jantung, stroke, tumor, atau diabetes. Ini salah ! Penyakit ini bukan disebabkan oleh Peningkatan Kehidupan Materi, melainkan disebabkan oleh minimnya Pencerahan Mental/Bathiniah dan minimnya pengetahuan akan kesehatan (Health Knowledge & Awareness). Bila kita semua dapat meningkatkan pengetahuan tentang Hygiene dan Pemeliharaan Kesehatan maka berbareng dengan semakin berkembangnya ekonomi, kita semua akan dapat semakin sehat.

Para ilmuwan di Cina menekankan kata-kata Mutiara : Para Manula perlu memperhatikan Tiga Buah Setengah Menit dan Tiga Buah Setengah Jam.

Banyak Manula yang bisa meninggal mendadak di malam atau pagi hari, bagaimana ini bisa terjadi ? Seorang manula yang bangun di tengah malam ingin buang air, ia melakukannya terlampau cepat, turun dari ranjang secara tiba-tiba penyebab otak kekurangan darah dan tekanan darah sangat rendah, otak yang kekurangan darah menyebabkan dia berkunang-kunang, labil dan tiba-tiba jatuh, ada yang patah tulang, ada yang tiba-tiba jantungnya berhenti !

Nah mengapa para ilmuwan mengajukan Formula 3 buah setengah menit ? Karena dari pemantauan ECG pasien didapati bahwa di siang hari ECGnya normal, tapi di malam hari biasanya kekurangan darah pada otot jantung dan tiba-tiba mengkerut karena ketika bangun tidur mendadak tensi darahnya menurun, otak kekurangan darah dan jantung berhenti.

Maka para ilmuwan menggunakan Formula 3 buah setengah menit :
Ketika terjaga, jangan segera turun dari ranjang, rebahlah dulu kira-kira setengah menit, lalu duduk di ranjang selama setengah menit kemudian baru turunkan kedua kaki di kaki ranjang selama setengah menit. Nah, dengan melewati 3 buah setengah menit, maka kekurangan darah pada otak akan terhindar, jantung bekerja normal, menghilangkan kemungkinan jatuh & patah tulang, serangan jantung dan stroke !

Apa yang dimaksud Tiga buah setengah jam ? Tiga buah setengah jam adalah :
Setiap pagi bangun tidur berolah raga selama setengah jam : baik itu lari-lari pagi dengan jarak tidak kurang dari 3 km atau olahraga lain yang cocok. Kemudian, tengah hari tidur siang setengah jam. Hal ini diperlukan oleh jam biologis manusia, dengan tidur siang setengah jam maka bekerja di siang dan sore akan penuh semangat. Terutama pada manula, sangat memerlukan tidur siang, sebab manula biasanya tidur tidak terlampau malam dan bangun di pagi sekali, jadi memerlukan sedikit istirahat di tengah hari. Yang ketiga adalah sore hari setelah makan malam, berjalanlah pelan-pelan (slow walk) selama setengah jam, dengan demikian para manula akan dapat tidur dengan nyenyak, dapat mengurangi kemungkinan terjadinya Myocardial Necrosis dan tensi tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: