Senoprabowo’s Weblog

Wilujeng Sumping ka Blog AgroSeno

Gaya Hidup Sehat

Posted by Seno Prabowo pada Januari 22, 2008

Gaya Hidup Sehat/Benar diungkapkan hanya dengan 4 (empat) kalimat :

1. Makan yang pantas.
2. Berolahraga dengan takaran pas.
3. Stop Rokok dan Kurangi Alkohol.
4. Mental/Bathin Tenang Seimbang.

Jadi, gaya hidup sehat itu sangat mudah tapi efeknya luar biasa.

Perusahaan Westinghouse Electric di Chicago yang sedang menyelenggarakan Pesta pelepasan karyawan-karyawan yang sudah mencapai usia pensiun 65 tahun. Pada pesta ini CEO perusahaan ini membagi-bagi Piagam dan Hadiah bagi mereka yang selama usia 55 sampai 65 tahun (10 tahun) tidak pernah sakit !

Setiap orang mendapat 1 buah T Shirt, 1 buah raket tenis dan sebuah amplop berisi Cek Kontan. Semua hadirin bertepuk tangan tanda berterima kasih kepada Boss yang bermurah hati ! Kalau kita renungkan peristiwa tersebut, kita kagum kepada CEO perusahaan ini yang sangat brilyan, bayangkan, karyawan-karyawannya yang tidak pernah menderita sakit selama 10 tahun telah menghemat uang pengobatan perusahaan berapa juta US Dollar?

Sang CEO menginvestasi Kolam Renang; Health/Fitness Center, Lapangan Tenis dan menganjurkan orang-orangnya untuk berolah-raga dan menghindari penyakit. Nah di Amerika sana, orang menghargai dan memberi perhatian kepada orang sehat.

Berbeda dengan situasi di sini, Ketua Serikat Buruh atau Pimpinan Perusahaan, ramai-ramai mengunjungi karyawan yang menjalani rawat inap, semakin berat penyakitnya makin sering dikunjunginya sambil membawa bingkisan dan tidak ada yang menaruh perhatian kepada karyawan-karyawan yang sehat ! Bila Anda sakit makin berat, Anda akan lebih banyak dikunjungi dan tentu akan dapat cuti sakit yang lebih panjang.

Sikap mental kita adalah lebih menekankan kepada Pengobatan. Di sini, setiap perusahaan senantiasa menyiapkan Anggaran untuk Tunjungan Pengobatan, akan tetapi tidak tersedia sesen pun Anggaran untuk Pencegahan Sakit.

(Disarikan dari Gaya Hidup Warga Usia Pertengahan dan Usia Lanjut Serta Pengaruhnya Terhadap Kesehatan oleh Prof. Hung Zhao Guang, Alih Bahasa & Penyadur : Suryono Limputra, Jakarta September 2002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: